A.
PENGERTIAN MULTIMEDIA
Multimedia diambil dari
kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau
perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik,
suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat digambarkan
bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan
suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah
kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum
merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996)
atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio,
gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam
definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada
komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada
link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat
navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling
terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk
mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah
satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya,
jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran,
bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih
jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga
kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka
nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka
multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline
(tradisional).”
B. APLIKASI MULTIMEDIA
1.
Aplikasi pada Bidang Pengembangan
Sumber Daya Manusia
a.
Dalam bidang Sumber Daya Manusia,
multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.
b.
Dikenal dengan istilah Computer
Based Training (CBT) dan Internet Based Training (IBT)
c.
(contoh : Perusahaan AT&T)
d.
Menjadi media Rekrutmen Pegawai
2.
Aplikasi dalam Bidang Produksi
a.
Film, televisi, radio, dan musik
melibatkan peralatan multimedia.
b.
Untuk membuat atau merekayasa suatu
rancangn mobil, pesawat terbang, dan bangunan.
c.
Digunakan di pabrik untuk memonitor
atau mengontrol proses produksi.
3.
Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
a.
Keuangan personal, pajak,
perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
b.
SmartMoney.com (Keuangan Personal :
Pengelolaan keuangan pendidikan anak, manajemen hutang, perawatan kesehatan,
perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi pernikahan, dan perceraian,
sampai masalah perencanaan pensiunan, dll.)
c.
Citi.com (Perbankan : Situs Web
Multimedia terbaik versi Yahoo)
4.
Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
(SIA)
a.
Aplikasi dalam SIA, misalnya laporan
akuntansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelsan dan saran.
b.
Istilah documendia dibuat untuk
menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
5.
Aplikasi Otomatiasi Kantor
a.
Workgroup Computing, memungkinkan
beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat yang sama pula. (Para
peserta dapat terus berdiskusi sambil melihat tampilan bersama yang mungkin
meliputi rangkaian media lengkap, fotografi dan video bergerak)
b.
Desktop Video Conferencing,
memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil duduk di meja
masing – masing. (tingginya biaya transportasi dan lamanya waktu di perjalanan,
aplikasi ini menjadi pilihan)
6.
Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
a.
Aktivitas promosi meliputi,
perikalanan, promosi penjualan, public relation dan penjualan lewat internet.
b.
Kelebihan multimedia adalah menarik
indera, dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara
dan gerakan.
c.
Computer Technology Research (CTR)
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 %, dari yang dilihat, 30% dari
yang didengar, 50% dari yang dilihat dan didengar, 80% dari yang dilihat,
didengar dan dilakukan sekaligus.
7.
Aplikasi Multimedia pada Bidang
Travel
a.
Travel (perjalanan) merupakan pokok
bahasan multimedi yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada
pelanggan mengenai ke mana mereka melakukan perjalanan, seperti apa
akomodasinya, dan apa saja yang bisa dilakukan setiba di tujuan, maka makin
mungkin orang akan menikmati perjalanannya dan suatu ketika ingin menikamti
layanan kita lagi.
b.
Travelocity.com, Expedia.com
8.
Aplikasi Dalam Bidang Real Estate
a.
Mengunjungi properti yang ditawarkan
akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun bagi pembeli.
b.
Multimedia memungkinkan pembeli
mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa
perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling
rumah.
c.
Realtor.com, ColdwellBanker.com
9.
Aplikasi Multimedia Dalam Bidang
Saham
a.
Day trading ialah pemanfaatan
Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual atau membelinya,
tergantung dari bagaimana pasar berjalan.
b.
SmartMoney, Forbes,
10.
Aplikasi Dalam Bidang Asuransi
a.
InsWeb.com, contoh dari aplikasi
multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat baik.
b.
Menyediakan fasilitas tutorial yang
sangat baik.
c.
Dapat membandingkan besarnya
asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan bentuk lainnya.
11.
Aplikasi Dalam Bidang Ritel dan Mal
a.
Riatail Elektronik, penjualan
langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal Elektronik, dalam bentuk
format katalog elektronik.
12.
Aplikasi Multimedia Dalam Bidang
Lelang
a.
eBay.com
b.
Manheim.com
13.
Aplikasi Multimedia pada Bidang
Kesehatan
a.
Multimedia dapat mendukung pelayanan
dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis,
perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
14.
Aplikasi Multimedia dalam Bidang
Hiburan
a.
Film, Musik, Radio Interaktif,
Televisi Interaktif, Game Elektronik.
C. ELEMEN-ELEMEN MULTIMEDIA
Multimedia merupakan
suatu wadah penyatuan beberapa media menjadi satu kesatuan. Pada kenyataannya
multimedia merupakan gabungan beberapa media yang kemudian didefinisikan
sebagai elemen-elemen dalam pembentukan multimedia. Elemen-elemen dalam
multimedia ialah teks, gambar, suara, dan animasi.
1.
Gambar (Sketch / Grafis)
Gambar merupakan salah
satu elemen terpenting dalam multimedia, sebab sebagian besar manusia bahkan
hampir semua manusia selalu berorientasi terhadap visual. Berdasarkan
penglihatan manusia dapat merepresentasikan satu gambar menjadi suatu ungkapan
yang dapat mewakili seribu kata. File gambar dikenal dengan nama image dan
format gambar di komputer antara lain adalah BMP, JPG, GIF, TIF, WMF dan
lain-lain. Di bawah ini dijelaskan macam-macam format file gambar yang terdapat
di komputer secara lebih lengkap.
Tipe Format File
Gambar Pada Komputer.
PhotoShop (*.PSP,
*.PDD) RAW (*.RAW)
Bitmap (*.BMP, *.RLE,
*.DIB) ScitexCT (*.SCT)
CompuServeGIF (*.GIF)
Targa (*.TGA, *.VDA, *.ICB, *.VST)
PhotoShop EPS (*.EPS)
TIFF (*.TIF, *.TIFF)
PhotoShop DCS 1.0
(*.EPS) Wirreless Bitmap (*.WBMP, *.VBM)
PhotoShop DCS 2.0
(*.EPS) PhotoCD (*.PCD)
JPEG (*.JPG, *.JPEG,
*.JPE) Pict File (*.PCT, *.PICT)
GenericPDF (*.PDF,
*.PDP, *.AI) Pixar (*.PXR)
Gambar dapat
dihasilkan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan cara men-scan
(menangkap gambar dengan sebuah alat optik yang memantulkan sinar infra merah
terhadap suatu objek). Gambar tersebut dapat berupa foto atau sketsa gambar
yang yang dirancang sendiri dengan menggunakan komputer. Tampilan gambar
dibedakan berdasarkan tempat penyimpanan sekunder, kerapatan mutu gambar dan
banyak warna dalam sebuah gambar atau objek dua dimensi yang dihasilkan. Contoh
dari aplikasi pengolahan gambar yang terkenal dan banyak yang beredar antara
lain Paint, Corel Draw, Auto Cad, Corel Capture, CorelR.A.V.E, CorelTRACE,
Duplexing Wizard, Adobe PhotoShop, dan Corel Photo Paint
2.
Animasi (Animation)
Animasi merupakan
kumpulan gambar yang memiliki alur cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap
frame-nya yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak.
Animasi dibuat khusus untuk mendukung konsep ilustrasi yang mengharuskan adegan
gambar yang bergerak. Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar
dalam satuan waktu, kumpulan gambar yang ditampilkan satu persatu biasa disebut
file (kedipan gambar) dan akan disimpan dalam file yang mempunyai ekstension
FLI atau FLC, sedangkan file animasi yang sudah disertai dengan suara disimpan
dalam file yang mempunyai ekstension AVI (Audio Visual Interleave).
3.
Video
Video merupakan elemen
tambahan yang berisi rekaman dari kaset video atau yang lainnya yang bersifat
analog. Kemudian dimasukkan dalam lingkungan komputer yang berubah menjadi
gambar-gambar digital yang tidak jauh berbeda dengan animasi yang bersuara.
Penggunaan video sudah banyak digunakan dalam aplikasi multimedia dan umumnya
format file video yang digunakan adalah AVI yang merupakan standar video dalam
sistem operasi windows.
4. Suara (Sound / Audio)
4. Suara (Sound / Audio)
Suara adalah suatu
media unik bila dibandingkan dengan media lain yang menjadi elemen multimedia.
Bila bekerja dengan menggunakan suara dalam multimedia, sudah pasti akan
ditemui suara yang diubah dalam bentuk digital. Adanya penggunaan suara dalam
aplikasi multimedia akan menambah daya tarik bagi user karena informasi yang
ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan menyenangkan. Dalam aplikasi windows terdapat
dua tipe standar suara yang umum digunakan yaitu tipe WAVE dan MIDI. Di bawah
ini adalah tabel yang berisi contoh dari tipe format file suara.
Tipe Format Suara pada
Komputer
Audio Interchange File
Format (*.aif,*.aiff)
CDAudio (*.cda)
DialogicVOX ADPCM
(*.vox)
InterVoice (*.ivc)
MPEG
(*.mpg,*.mpeg,*.m1a,*.m2a)
Sonic Foundry wave64
(*.w64)
Sound Designer 1
(*.dig,*.sd)
Wave (Microsoft)
(*.wav)
NEXT/SUN(Java)
(*.au,*.snd)
Sonic Foundry Audio
(*.sfa)
MP3 Audio (*.mp3)
Windows Media Audio
(*.wma)
OggVorbis (*.ogg)
Scott Studios Wave
(*.wav)
Sonic Foundry PCA
(*.pca)
D. DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar